Sunday, January 27, 2019

Malaysia Batal Sebagai Tuan Rumah Kejuaraan Dunia Para Renang

Perdana Menteri Malaysia, Mahathir Mohamad, bersedia batal menggelar Kejuaraan Dunia Para Renang jika diharuskan mengizinkan atlet Israel berpartisipasi dalam helat yang sedianya digelar di Kuching, Malaysia, 24 Juli mendatang itu. (Sumber : International.sindonews.com)

Komite Paralimpik Internasional (IPC) akhirnya membatalkan penunjukan salah satu kota di Malaysia, Kuching, sebagai tuan rumah Kejuaraan Dunia Para Renang 2019. Sedianya, kejuaraan ini akan mulai dilaksanakan pada 24 Juli mendatang.

"Ketika salah satu negara mengecualikan atlet dari negara tertentu, untuk alasan politik, tentu kami tidak punya pilihan lain selain mencari tuan rumah baru," ucap Presiden IPC, Andrew Parsons, sebagaimana dipetik dari BBC.

"Politik dan olahraga tidak pernah menjadi kombinasi yang baik dan kami kecewa bahwa atlet Israel tidak diizinkan bertanding di Malaysia."

Pernyataan ini menyusul keputusan Perdana Menteri Malaysia, Mahathir Mohamad, yang melarang atlet para renang Israel berpartisipasi dalam Kejuaraan Dunia di negaranya. Mahathir berpendapat larangan ini merupakan bentuk protes terhadap pelanggaran hak asasi manusia yang dilakukan pemerintah Israel terhadap warga Palestina.

Kementerian Luar Negeri Israel mengutuk kebijakan tersebut dan menuduh Malaysia menunjukkan sikap anti-semit. Mereka menganggap sikap negara Melayu ini sejalan dengan pernyataan yang disampaikan Mahathir dalam periode pertamanya sebagai Perdana Menteri Malaysia pada 1994.

"Seluruh Kejuaraan Dunia harus terbuka untuk seluruh atlet dari negara manapun untuk bersaing dengan bebas dan aman dari diskriminasi," ucap Parsons.

Dalam wawancara dengan BBC, Menteri Pemuda dan Olahraga Malaysia, Syed Saddiq, mendukung kebijakan Perdana Menterinya. Menurutnya, Malaysia akan kehilangan arah kesadaran dan moral jika menganggap menjadi tuan rumah kejuaraan dunia lebih penting ketimbang membela saudara sesama muslim Palestina yang menjadi korban Israel.

Kejuaraan Dunia Para Renang 2019 merupakan ajang kualifikasi untuk Paralimpik Tokyo 2020. IPC akan memutuskan tuan rumah baru pada 11 Februari mendatang.

Sumber : Akurat.co
Share:

0 comments:

Post a Comment