Wednesday, January 23, 2019

Seperti Ini Lho Cara Mengganti Ban Serep Mitsubishi Xpander

Ban Serep Mobil Xpander (sumber : akurat.co)

Sebagai small MPV yang mengakomodir kenyamanan bagi penumpang, Mitsubishi Xpander menempatkan ban serep di kolong mobil. Hal itu menjadi poin penting yang membuat kabin Mitsubishi Xpander terasa luas.

Dikutip dari laman resmi Mitsubishi Indonesia, Rabu (23/1), Xpander yang memiliki ruang ban serep di kolong ternyata membawa  manfaat lain. Di antaranya kabin menjadi tidak kotor saat proses penggantian ban serep. Selain itu, ban cadangan pun tak mudah dicuri.

Bagi para pemilik Mitsubishi Xpander yang masih bingung cara mengganti ban utama dengan ban serep, berikut langkahnya:

1. Buka tempat penyimpanan toolkit di bagasi sebelah kanan dan persiapkan kunci segi enam yang kelak digunakan untuk membuka mur roda (lug nut).

2. Buka cover penutup kompartemen penyimpanan di bawah bagasi belakang, temukan baut pengait dudukan ban serep yang ditutup cover plastik.

3. Putar baut dengan kunci segi enam sampai pengait dudukan ban serep turun.

4. Beranjak ke kolong mobil, tarik pengait dudukan ban dari lubang pengait sehingga dudukan ban serep bisa diturunkan, lalu tarik ban serep sampai keluar.

5. Untuk menaikkannya kembali lakukan langkah sebaliknya, masukkan ban ke dudukan kemudian angkat dan kaitkan dudukan terhadap lubang pengait. Lalu putar baut pengait sampai benar-benar terkunci.

Jika dalam keadaan darurat di perjalanan Anda harus mengganti ban utama dengan ban serep karena bocor, perhatikan juga hal-hal berikut untuk keamanan proes penggantian:

Pinggirkan mobil di area yang aman dari lalu lintas dan tak mengganggu pengguna jalan lain. Pasang segitiga merah pengaman kurang lebih 5 meter di belakang mobil dan pastikan lampu hazard menyala.

Kendurkan baut roda, lalu ambil dongkrak di kompartemen penyimpanan tools kit di bagasi sebelah kanan. Lalu posisikan dongkrak di bagian ban yang bocor. Perhatikan titik tumpuan dongkrak (liftting point) agar mobil seimbang saat diangkat.

Lepaskan mur roda (lug nut) dengan kunci segi enam atau disebut juga kunci roda sampai lepas semua.

Copot ban yang bocor dan ganti dengan ban serep, lalu pasang kembali mur roda. Harus diingat untuk mengencangkan roda wajib menyilang, dan cukup kencangkan pakai tangan saja.

Turunkan dongkrang dan kencangkan baut roda menggunakan kunci roda untuk memastikan baut sudah kuat terpasang.

Hal lain yang harus diperhatikan ialah, perawatan ban serep agar selalu dalam kondisi prima saat dibutuhkan.

Sumber : Akurat.co
Share:

0 comments:

Post a Comment