Sunday, January 27, 2019

Pembuatan Jakung untuk Festival Banjar 2018 di Bogor

pasar apung di Banjarmasin (sumber : lelungan.net)

Festival Banjar 2018 akan berlangsung selama 3 hari mulai Jumat -Minggu, tanggal 29- 1 Juli 2018. Puncak acara festival yang memamerkan segala tentang seni, budaya dan khas Banjarmasin ini akan menghadirkan Pasar Terapung di bunderan HI pada hari Minggu, 1 Juli 2018 mulai pukul 06.00 wib.

Untuk itu telah disiapkan sekitar 15- 17 Jakung atau perahu yang akan berkeliling di sekitaran area car free day, Bunderan HI. Perahu itu akan membawa jajanan khas Banjarmasin, Kalimantan Selatan yang bisa anda cicipi. Kalau anda datang kesana.

Biar istilahnya dapat “mengapung” di aspal, Jakung dipasang roda di bagian tertentu. Tetapi, letak orisininalitas pada Jakung ini tetap terjaga. Karena tidak lepas dari arahan orang-orang asli Banjarmasin yang paham betul bentuk Jakung Banjar sesungguhnya. Meskipun untuk produksinya dibuat di Citayam, Bogor.

Hal itu diutarakan oleh Radian Ratulangie yang bertindak sebagai Koordinator Pelaksana acara Festival Banjar 2018 saat dihubungi AKURAT.CO.

“diproduksinya memang di Citayam, isinya (jajanan) asli (kota Banjarmasin), memang dari orang-orang dari Banjar, Itu lansung di impor dari sana, dan perahunya (dibuat) dengan orang-orang dari Banjar yang mengetahui betul adat istiadat disana,” ujarnya

Jakung akan dipamerkan pada pembukaan Festival Banjar 2018 yang digelar pada hari Jumat, 29 Juni 2018 di Taman Ismail Marzuki, Jakarta Pusat, ba’da solat Jumat.

Sumber : Akurat.co
Share:

0 comments:

Post a Comment