Tuesday, February 5, 2019

Waspada, Stop Unggah Foto Boarding Pass Kamu!

Boarding Pass. |  shaun.net

Kebiasaan yang dilakukan para traveler saat berpergian menggunakan pesawat terbang adalah memfoto tiket pesawat atau boarding pass. Tetapi ternyata, kebiasaan tersebut dapat membahayakan, loh!

Kenapa bisa?

Dilansir AkuratTravel dari standard, Senin, (4/2), ternyata di dalam boarding pass terdapat huruf dan angka yang memberikan data atau informasi berupa enam digit nomor di maskapai yang akan kamu tumpangi.

Nomor enam digit ini memuat data berupa nama penumpang atau disebut passenger name record (PNR) yang mencakup informasi kontak dan pemesanan penerbangan. Jadi dengan mengepos boarding pass kamu di sosial media, kemungkinkan peretas untuk mengakses informasi ini juga.

Sebuah penelitian di Noam Rotem, menguji teori tentang sistem pemesanan daring yang disebut Amadeous yang digunakan oleh agen perjalanan, situs pemesanan, dan lebih dari 200 maskapai besar. Dia mengatakan,

"Hanya dengan menebak PNR, saya dapat mengakses data pribadi dan mengubah detail kontak pelanggan," katanya.

Jika seorang peretas mendapatkan PNR kamu, mereka dapat mengakses informasi pribadi kamu termasuk mengganti tempat duduk, mencuri mil frequent flier, mengubah rincian kontak penumpang dan membatalkan atau mengubah penerbangan.

So, hilangkan kebiasaan ini dan lebih berhati-hati mengepos ini di sosial media kamu, ya!

Sumber : Akurat.co
Share:

0 comments:

Post a Comment