Tuesday, February 5, 2019

Rencana Microsoft Bawa Xbox Live ke Platform Lain

Xbox Live. | Sumber : 

Seperti halnya Sony dan Nintendo yang memiliki platform dan layanan online sendiri untuk konsol mereka, demikian juga Microsoft dengan layanan Xbox Live-nya.

Masing-masing layanan ini eksklusif untuk konsol mereka sendiri, tetapi tampaknya Microsoft berharap untuk memperluasnya dengan membawa ke platform lain seperti iOS, Android, dan bahkan Nintendo Switch.

Mengutip Engadget, Selasa (5/2) lintas platform yang akan dilakukan Microsoft memungkinkan pengembang untuk mengintegrasikan Xbox Live ke dalam iOS, Android, dan gim Switch. Artinya, jika pengguna bermain gim di Xbox dan ingin memilih platform lain untuk mengonsolidasikan semua progress dan pencapaian pada gim secara teori hal itu bisa dilakukan.

Rencana tersebut sebenarnya tak terlalu mengejutkan, karena Microsoft memang dikenal sebagai perusahaan teknologi yang cukup terbuka terhadap platform lain bahkan untuk platform pesaing sekali pun. Kini, pengguna Xbox dapat bermain gim dengan teman-teman mereka yang memainkan konsol dari platform lain.

Apa yang dilakukan oleh Microsoft ini juga sekaligus menjadi solusi dari hambatan platform bagi pengembang yang mungkin berharap agar gamer mereka dapat berkomunikasi dan bermain satu sama lain terlepas dari platform yang berbeda, di mana sebelumnya hal tersebut telah menjadi pemisah antar gamer.

Meski terdengar seperti sesuatu yang menyenangkan bagi gamer, namun bisa atau tidaknya rencana dari Microsoft tersebut diwujudkan tergantung pada perusahaan lain. Microsoft jelas harus mendapat restu dari platform-platform lain milik konsol seperti Sony dan Nintendo untuk bisa masuk ke wilayah mereka.

Sumber : Akurat.co
Share:

0 comments:

Post a Comment