Sunday, February 24, 2019

Menurut Hasil Studi : 85% Ekstensi Chrome Tidak Miliki Kebijakan Privasi

Ekstensi Google Chrome. | Sumber : knowrality.com

Ekstensi browser seperti Google Chrome memang sangat berguna seperti mampu memblokir iklan, mengelola kata sandi, menyimpan artikel untuk dilihat secara offline, pintasan, dan banyak lagi.

Sayangnya menurut sebuah studi dari Duo Lab, sejumlah ekstensi browser Chrome dilaporkan tidak memiliki kebijakan privasi.

Dikutip dari Engadget, Senin (25/2), Duo Lab mengklaim telah menganalisis ekstensi Chrome berdasarkan 120 ribu aplikasi yang ada di Chrome Web Store. Hasilnya ditemukan bahwa 85 persen ekstensi tidak memiliki kebijakan privasi. Jadi, tak ada jaminan bahwa data pengguna yang dikumpulkan oleh sejumlah ekstensi tersebut tidak dibagikan kepada pihak lain.

Studi ini juga menemukan bahwa 35 persen dari aplikasi dan ekstensi juga dapat membaca data di situs web apa pun yang dikunjungi pengguna. Sebelumnya, Google sendiri telah mengambil langkah-langkah tertentu untuk meningkatkan keamanan Chrome.

Upaya Google seperti dengan memblokir pemasangan ekstensi di luar Chrome Web Store-nya belum cukup mengatasi masalah keamanan data pribadi pengguna. Masih banyak celah-celah yang bisa dimanfaatkan oleh pihak ketiga untuk mengumpulkan data secara ilegal dan akan menjadi PR buat Google kedepannya.

Sementara itu, banyak diantara kalian yang mungkin juga menggunakan ekstensi pada browser. Satu tips sederhana guna mencegah data-data pribadi dihimpun secara ilegal yaitu jangan malas melakukan riset terhadap sejumlah ekstensi yang beredar. Selalu periksa latar belakang maupun ulasan sebelum memasangnya.

Sumber : Akurat.co
Share:

0 comments:

Post a Comment