Tuesday, February 5, 2019

Penderita DBD di Pulau Jawa Timur Masih Menduduki Peringkat Pertama

Dr. Anung Sugiantono, M.Kes, Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Kementrian Kesehatan RI. | AKURAT. CO/ Winnie Fatmawat

Curah hujan di Indonesia diperkirakan memiliki intesitas tinggi, hingga akhir Februari 2019. Perlu diingat dan diperhatikan, intesitas hujan yang tinggi kerap kali berhubungan juga dengan meningkatnya penderita demam berdarah. 

Hal tersebut dikonfirmasi Dr. Anung Sugiantono, M.Kes, Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Kementrian Kesehatan RI.

"Sampai dengan Minggu, sore, 3 Februari 2019, kami menerima laporan dari 34 provinsi. Semua provinsi sudah melaporkan adanya kasus demam berdarah, dari 415 kabupaten kota, yang sampai kemarin melaporkan, sudah 395 (kabupaten kota) melaporkan demam berdarah periode Januari, sampai sore itu, penderita kisaran 8900 sekian, karena angka ini dinamis," katanya kepada AkuratHealth di Gedung Kementrian Kesehatan, Jakarta Selatan, Senin, (4/2).

Dirinya juga mengatakan, jumlah yang dilaporkan meninggal sampai dengan kemarin ada 47 orang, di semua kabupaten. Sementara angka terbanyak masih tetap terjadi di Jawa Timur, maupun kasusnya ataupun yang meninggal.

"Kemarin sore saya juga mendapatkan bapak Kepala Dinas Provinsi bersama bapak bupati di Kediri, juga sudah melihat situasi maupun kondisi di lapangan berkaitan dengan demam berdarah ini. Salah satu yang menarik ditemukan bahwa jentik nyamuknya banyak juga ditemukan di pagar sebagian rumah desa, yang memiliki pagar dengan membentuk wadah seperti pagar dari bambu. Jadi, 3M Plus ini memang harus menjadi perhatian semua, untuk seluruh masyarakat," jelasnya.

Adapun yang dimaksud 3M Plus adalah, segala bentuk kegiatan pencegahan seperti menaburkan bubuk larvasida pada tempat penampungan air yang sulit dibersihkan, menggunakan obat nyamuk atau anti nyamuk, menggunakan kelambu saat tidur, memelihara ikan pemangsa jentik nyamuk, menanam tanaman pengusir nyamuk, mengatur cahaya dan ventilasi dalam rumah, menghindari kebiasaan menggantung pakaian di dalam rumah yang bisa menjadi tempat istirahat nyamuk, dan lain-lain.

Sumber : Akurat.co
Share:

0 comments:

Post a Comment