Sunday, February 24, 2019

Libas Game - game Kelas Berat Dengan Asus Zenfone Max Pro M2!

Asus ZenFone Max Pro M2. | Sumber : gadgetren.com

Asus ZenFone Max Pro M2 telah menjadi smartphone gaming kasual yang diluncurkan secara resmi bersamaan dengan ROG Phone. Dikarenakan ROG Phone harganya di atas Rp10 juta, nah smartphone ini bisa jadi alternatifnya.

Pada kesempatan review gadget kali ini, tim AKURAT.CO ada ZenFone Max Pro M2 versi RAM 4 GB dan memori 64 GB.

Berikut spesifikasi lengkap Asus Zenfone Max Pro M2 :

- Layar: 6,26 inci, 2280x1080, LCD IPS 19:9, notch, Corning Gorilla Glass 6

- Chipset: Qualcomm Snapdragon 660, CPU 4x2.2GHz Kryo 260 Gold+4x1.8GHz Kryo Silver, GPU Adreno 512

- RAM/Memori: 3GB/32GB, 4/64GB, 6/64GB, LPDDR4X RAM

- Slot MicroSD dan slot dual SIM

- Kamera Belakang: 12 MP Sony IMX486, f/1.8, 4K30 video dengan EIS, flash LED tunggal plus sensor kedalaman 5MP

- Kamera Depan: 13MP, f/2.0, LED flash, video 1080p30

- Baterai: 5000mAh, pengisian 10W

- Konektivitas: Dual SIM, VoLTE ganda, Wi-Fi 802.11n 2.4GHz, Bluetooth 5.0, microUSB, GPS / GLONASS / BDS / BeiDou / QZSS

- Lainnya: Sensor sidik jari, penguncian wajah, radio FM  

Dalam kotak kemasan ZenFone Max Pro M2 yang sederhana terdapat smartphone yang dilengkapi dengan kabel USB type-B, kepala charger berdaya 10 watt dan softcase transparan. Tak lupa, di dalamnya juga terdapat buku manual dan sim card ejector.

Desain


ZenFone Max Pro M2 hadir dengan desain bodi belakang yang cukup menawan. Walau berbahan polikarbonat, tapi tampilan dengan warna biru dongker ini sangat glossy. Sehingga seolah-olah bodi belakangnya berbahan kaca. Ketika digenggam secara vertikal ataupun horizontal masih cukup nyaman. Terlebih lengkungan bodinya yang tidak tajam dan tidak membuat licin.

Bodi depan dan belakang Asus Zenfone Max Pro M2. | Sumber : AKURAT.CO/Vidyandini Agivonia

Sementara dari sisi layar, smartphone ini sudah dilapisi dengan corning Gorilla Glass 6, yang artinya layar smartphone ini tahan banting. Layar dengan ukuran 6,2 inci Full HD sangat memanjakan pengguna saat bermain game atau menonton video YouTube dengan kualitas high definiton (HD). Warna dari setiap tampilan pun cukup tajam dan akurat warnanya.

Performa


Sudah menyinggung istilah game, smartphone penerus ZenFone Max Pro M2 ini menyematkan prosesor Snapdragon 660 yang cukup mumpuni memainkan game kelas berat seperti PUBG Mobile, Asphalt 9: Legends, dan F1 Mobile. Ketiga game yang diuji tidak sama sekali mengalami ngelag saat konektivitas internet stabil.

Layar smartphone tersebut mampu menampilkan kualitas gambar HD, grafis yang detil dan warna yang memanjakan mata. Nuansa permainan pun semakin terasa dengan suara yang dihasilkan oleh speaker cukup baik dengan ambang batas maksimal 60 persen. Jika lebih dari itu, sayang suara yang dihasilkan cukup memekik karena hanya mengandalkan satu speaker di bagian bawah ponsel. 

ZenFone Max Pro M2 dibekali kapasitas baterai 5000 mAh ini mampu bermain game PUBG Mobile hingga sekitar 8 jam dari 100 persen hingga 20 persen. Jika hanya sekedar nonton video YouTube dengan kualitas 1080 dapat menghabiskan baterai hingga kurang lebih 18 jam. Walau berdaya besar, Asus tidak memberikan charger dengan kemampuan fast charging ataupun USB type-C.

Artinya, smartphone gaming ini dapat bertahan 2-3 hari dalam pemakaian normal seperti chatting atau membuka aplikasi media sosial. Akan tetapi, angka-angka tersebut bukanlah dijadikan acuan. Hal ini dikarenakan tergantung konektivitas internet stabil atau tidak. 

Sayangnya, ketika smartphone ini dimainkan PUBG Mobile dalam rentang lebih dari 1 jam, bodi belakang ponsel terasa panas. Padahal, temperatur normalnya berkisaran 36 derajat celcius (AnTuTu). Kami pun mengakalinya menggunakan softcase yang lumayan meredam suhu panas ketika bermain game. 

Kamera


Menariknya, ZenFone Max Pro M2 tidak hanya untuk gaming tetapi ia juga memiliki kamera yang menurut kami sangat baik dalam menghasilkan foto dan video.

Soal fotografi, smartphone yang dibekali dengan dual kamera dengan lensa utama 12 MP f/1.8 dan lensa kedua 5MP dengan sensor kedalaman untuk memberikan efek bokeh.

 
Dual kamera belakang Asus Zenfone Maxpro M2. | AKURAT.CO/Vidyandini Agivonia


Dalam menghasilkan foto dengan white balance pada objek cukup akurat, detailnya bagus dan saturasi warna baik. Dalam menghasilkan foto dengan efek bokeh juga cukup baik dan masih diambang toleransi. Begitu pula dengan kamera depan. Pun ketika Mode HDR diaktifkan, foto yang dihasilkan masih relatif baik dan berhasil mengendalikan detail highlight.

Sedangkan dari sisi videografi, kamera utama ZenFone Max Pro M2 mampu menghasilkan video dengan resolusi 4K. Menariknya, video dengan resolusi 1080p alias HD disematkan fitur image stabilizer. Saat kami menjajalnya, video yang dihasilkan pun bergerak dengan halus seolah menggunakan tripod atau alat stabilizer gimbal.

Hasil foto Asus Zenfone Max Pro M2. | AKURAT.CO/Vidyandini Agivonia

Harga Pasaran:

- ZenFone Max Pro M2 3GB/32GB: Rp 2,8 juta

- ZenFone Max Pro M2 4GB/64GB: Rp 3,2 juta

- ZenFone Max Pro M2 6GB/64GB: Rp 3,7 juta

Kesimpulan

ZenFone Max Pro M2 cukup baik menggebrak dunia smartphone gaming dengan harga sekitar Rp3 juta-an. Apalagi, saat diluncurkan pada akhir tahun 2018 menjadi pilihan yang baik untuk kalangan muda yang saat ini sedang digandrungi tren game mobile dan esports.

Untuk meringkas dari review kali ini, berikut beberapa poin kelebihan dan kekurangannya.

Kelebihan:


- Performa untuk bermain game sangat baik

- Desain bodi menarik dan kekinian

- Kamera untuk foto dan video bagus

- Baterai besar dan daya tahan lama

Kekurangan


- User interface (UI) masih kaku

- Kabel data masih type-b

- Tidak fast charging

- Bodi panas saat bermain game lama

Sumber : Akurat.co
Share:

0 comments:

Post a Comment