Sunday, February 24, 2019

Pentingnya Pakai Kacamata Hitam Saat Matahari Terik

Sumber : Google

Menggunakan kacamata hitam biasanya menjadi aksesoris penunjang dalam melengkapi gaya penampilan seseorang. Tidak hanya terlihat keren, menggunakan kacamata hitam saat terik matahari memiliki manfaat yang berguna untuk kesehatan mata.

Karena, dengan menggunakan kacamata hitam memiliki peran untuk mencegah katarak. Hal itu disampaikan oleh dokter spesialis mata, dr. Setiyo Budi Riyanto, SpM(K), kepada AkuratHealth di RS Mata JEC Menteng, Jakarta Pusat, baru-baru ini.

Preskon teknologi terbaru dalam atasi katarak di Jakarta Eye Centre, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (20/2). | AKURAT.CO/Abdul Haris

"Selain faktor usia, paparan sinar ultraviolet dari matahari ke mata juga dapat meningkatkan risiko katarak. Seperti saat main golf, naik motor, ini yang membuat seseorang bisa terkena 
katarak lebih dini," ungkapnya.

Jika dulu seseorang terkena katarak pada usia 60 tahunan, paparan sinar ultraviolet (UV) yang semakin berbahaya dapat mempercepatnya.

"Sekarang orang usia 40 tahunan sudah operasi katarak karena melakukan aktivitasnya di luar tapi tidak pakai sunglasses. Dulu usia katarak mulai 60-an, sekarang udah gak. Penting kalau keluar ruangan pakai kacamata yang ada filter UV-nya," imbuh dia.

Lebih lanjut dr. Budi mengimbau untuk tidak asal memilih kacamata hitam. 

"Kacamata hitam yang dipakai harus terdapat filter anti UV agar benar-benar menghalau mata dari sinar ultraviolet. Biasanya pada kacamata biasa jarang yang ada filter UV-nya. Lebih bagus yang memang anti UV-nya bagus. Kalau orang yang sudah pakai kacamata bisa pilih lensa khusus yang juga ada ultraviolet ," tutupnya.

Sumber : Akurat.co
Share:

0 comments:

Post a Comment