Thursday, February 21, 2019

CTI IT Infrastructure Summit 2019: : Manfaat Teknologi AI Untuk Tingkatkan Performa Bisnis

Direktur Computrade Technology Interasional (CTI Group), Rachmat Gunawan,

Artificial Intelligence semakin berkembang dan bisa dimanfaatkan untuk mentransformasi bisnis. Namun hal tersebut belum bisa dimanfaatkan secara efisien karena keterbatasan sumber daya manusia untuk memaksimalkan teknologi.

Rachmat Gunawan selaku Direktur Computrade Technology Interasional (CTI Group), menjelaskan, pada saat ini teknologi kecerdasan buatan tengah menjadi tren di Indonesia. AI banyak diaplikasikan dalam berbagai sektor mulai dari keuangan dan perbankan, kesehatan, automobile dan manufaktur.

“Namun, di balik itu ada berbagai tantangan seperti bagaimana mendefinisikan use case di perusahaan, keterbatasan SDM ahli dan ketersediaan infrastruktur yang memadai,” ujarnya, Kamis (21/2), dalam press conference IT Insfrastruktur Summit 2019.

Sepemikiran dengan Rachmat, Country Manager Aruba Indonesia, Robert Suryakusuma menuturkan, kecerdasan buatan berpotensi mentransformasi dan mengoptimalkan performa bisnis dalam pengelola jaringan, terutama dalam hal keamanan dan ketersediaan layanan.

“Dengan meningkatnya penggunaan perangkat pribadi maupun profesional di lingkungan kerja, keamanan menjadi semakin penting yang lantas memberikan tekanan dan kompleksitas lebih kepada tim IT,” tuturnya.

Para pelaku bisnis, kata Rachmat, perlu memiliki wawasan dan pemahaman yang baik terkait tools dan penerapannya. Sehingga, implementasi dari kecerdasan buatan dapat berjalan dengan tepat sesuai dengan visi perusahaan.

“AI memiliki peluang yang besar bagi semua industri. Adopsinya semakin luas, mulai dari deteksi fraud dan dokumen palsu di sektor keuangan, memberikan rekomendasi medis bagi pasien, efisiensi transportasi melalui self driving cars, hingga otomasi proses produksi di industri manufaktur,” jelas Rachmat.

Untuk itu, pihaknya akan menggelar acara tahunan bernama IT Infrastruktur Summit 2019 dengan tema AI for Business: Bringing Cognitive Technology to Business Application. Acara tersebut akan dilaksanakan pada 13 maret 2019, dengan topik utama teknologi Artificial Intelligence dan perenannya bagi bisnis di Indonesia.

Sumber : Akurat.co
Share:

0 comments:

Post a Comment