Monday, March 4, 2019

Ini Dia, Kopi Nikmat Andalan Khas Lampung

Ricky Barista Asal Lampung | Afrizal Abdul Rahman

Ngopim.blogspot.com - Keberagaman kopi Indonesia bisa terlihat dari hampir setiap daerah yang memiliki kopi unggulan. Bandar Lampung, misalnya, memiliki kopi unggulan yang bernama Ulubelu Honey. Menurut Ricky, Barista asal Lampung, kopi jenis Robusta ini pernah menjuarai beberapa event di provinsi dan nasional.

"Khasnya kopi ini dominan menimbulkan rasa gula aren dan coklat. Waktu tahun 2017 pernah juara satu di provinsi Lampung, dan juara 3 di tingkat nasional. Semuanya dengan proses roasting medium," ucapnya kepada AkuratKuliner baru-baru ini.

Khas rasa yang ditawarkan sendiri ternyata berpengaruh terhadap proses pemetikan dan ketinggian penanaman jenis kopi Robusta tersebut.

"Semua petani bermitra sama kita dan proses pemetikan yaitu pada saat biji kopi sudah mengeluarkan warna merah. Jadi, dulu itu asal-asalan. Karena ada proses pembinaan baru petani pada paham dengan kualitas kopi. Kita juga tanam di ketinggian 1100 meter di atas permukaan laut," lanjutnya.

Untuk harga yang ditawarkan sendiri terbilang cukup murah. Ulubelu Honey hanya dijual satu kilo Rp200 ribu.

"Rp200 ribu kita jual perkilo, itu sudah siap seduh. Kalau green bennya itu Rp50 ribu per kilo,"paparnya.

Jadi, kalau kalian sedang berlibur ke Lampung dan suka ngopi, Ulubelu Honey bisa kalian jadikan oleh-oleh dan menemani saat bersantai ria. 

Sumber : Akurat.co
Share:

0 comments:

Post a Comment