Tuesday, March 26, 2019

Kerap Dijadikan Daun Mistis, Ini Manfaat Daun Kelor Untuk Kesehatan

Ilustrasi Daun Kelor. | Sumber : intisari.grid.id


Ngopim.blogspot.com - Di Indonesia sendiri Tanaman kelor sudah sering kali kita dengar dan tidak asing lagi. Tanaman ini dikenal karena mitosnya yang berkhasiat menggugurkan berbagai ilmu hitam. Salah satunya, digunakan untuk melunturkan ilmu gendam.

Ternyata di balik kemistisan daun kelor, tanaman ini kerap dieskpor ke berbagai negara, salah satunya adalah Korea Selatan. Hal ini dikarenakan, daun kelor sendiri memiliki berbagai kandungan yang bermanfaat buat tubuh.

Beberapa kandungan daun kelor antara lain vitamin A, C, protein, kalsium, dan protasium. Tak heran jika daun kelor dapat memberikan beragam manfaat kesehatan. Klaim ini juga telah dibuktikan dengan beragam penelitian di beberapa negara.

Ini adalah beberapa manfaat daun kelor :

1. Mengobati cacingan

Ilustrasi Anak Cacingan. | Sumber : cforcat.com

Penyakit cacingan yang kerap menimpa anak-anak dapat diobati dengan mengonsumsi air rebusan daun kelor. Hal ini akan membantu mengurangi infeksi cacing, khususnya cacing kremi dan cacing pita.

2. Menjaga kesehatan mata

Ilustrasi Mata yang sehat. | Sumber : universeofthoughts.com

Tumbuhan yang memiliki nama binomial Moringa oleifera ini disebut memiliki vitamin A dengan jumlah 4 kali lebih banyak dari wortel. Oleh karena itu, dengan mengonsumi daun kelor disebut dapat membantu menjaga kesehatan mata.

Selain itu, membasuh mata dengan air saringan daun kelor juga dapat membantu membuat mata menjadi lebih segar, dan bagian mata yang sakit menjadi sehat kembali.

3. Mencegah stres

Ilustrasi sesorang sedang stress. | Sumber : verywellmind.com

Selain mengandung vitamin dan nutrisi lain, ternyata daun kelor juga memiliki fungsi sebagai neurotransmitter dan sebagai senyawa tiroid untuk menjaga kestabilan psikis.

Dengan demikian, mengonsumsi daun kelor dapat menjaga kestabilan mood dan fungsi otak yang akan memperkecil kemungkinan untuk seseorang mengalami stres.

4. Diabetes

Ilustrasi Diabetes. | Sumber : tergemes.com

Kadar gula darah menjadi salah satu hal yang harus diperhatikan oleh setiap orang, khususnya bagi penderita diabetes. Mengendalikan kadar gula darah ternyata dapat dibantu dengan mengonsumsi daun kelor. Bahkan mengonsumsi daun kelor sebanyak 150 mg secara rutin juga dapat mengatasi penyakit diabetes.

5. Mencegah kanker

Ilustrasi penderita kanker. | Sumber : babe.net

Memiliki kandungan yang kaya akan antioksidan, protein, karotenoid, potassium, serta senyawa lain membuat daun kelor dipercaya dapat membantu menangkal radikal bebas dan juga pertumbuhan sel kanker. Caranya adalah dengan mengonsumsi ekstrak daun kelor yang dilarutkan dalam air. Bahkan, ekstrak daun kelor ini juga disebut sebagai salah satu obat kanker alami.

6. Mengurangi peradangan

Ilustrasi peradangan. | Sumber : doktersehat.com

Daun kelor juga memiliki kandungan anti-inflamasi. Kandungan satu ini dapat membantu megurangi peradangan pada tubuh. Hal ini tentu baik, karena peradangan sendiri adalah sumber dari berbagai jenis penyakit.

Selain bermanfaat untuk kesehatan, daun kelor juga dapat memberikan manfaat kecantikan. Mulai dari kesehatan kulit, melembabkan bibir, mengatasi jerawat, mengecilkan pori-pori, bahkan baik untuk rambut.

Sumber : Akurat.co

Share:

0 comments:

Post a Comment